Satu Blog Untuk Mengenal Dunia
  • Buku Tamu
  • Twitter
  • Facebook
  • Baca Ini Juga

    Hukum Sulam Alis dan Bibir Dalam Islam

    Dipublikasikan oleh : Bagas Muharom pada 5:27 PM

    Smadia - Mungkin masih banyak orang mengenal istilah ini. Sulam alis merupakan kegiatan mentato alis dengan tinta dan jarum, oleh karena itu juga disebut sulam alis. Begitupun dengan sulam bibir, adalah memberi warna pada bibir agar bibir tampak tebal. Namun, apakah hal tersebut dibolehkan dalam Islam ? Berdasarkan hadis Nabi, mentato merupakan tindakan haram. Jadi, sulam alis maupun sulam bibir adalah haram dalam islam. Bagi beberapa orang, sulam alis diperuntukkan kepada orang yang memiliki alis yang tipis atau kurang sempurna. Sementara sulam bibir biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki bibir yang tipis, sehingga membuat mereka tak percaya diri. Oleh sebab itulah beberapa orang rela meorogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan sulam alis dan bibir.

    Sulam bibir dan alis diharamkan dalam islam karena mengubah bentuk tubuh dengan tujuan hanya untuk memperindah dan bukan untuk alasan darurat atau kesehetan. Tak hanya bagi orang yang melakukan sulam bibir, bagi orang yang menyulam atau mentato juga diharamkan kegiatannya. Tak patut bagi kita umat Islam mengubah bentuk tubuh yang diberikan oleh اَللّهُ SWT. Karena sesungguhnya اَللّهُ SWT telah menciptakan manusia dalam keadaan sempurna. Apalagi sulam bibir dan alis juga justru dapat merusak kesehatan kita, karena sulam bibir lama kelamaan warnanya akan memudar menjadi hijau kebiru-biruan. Jadi, syukuri tubuh yang telah diberikan اَللّهُ SWT apa adanya.

    5 comments

    February 15, 2013 at 9:29 PM

    setau saya sulam alis dan bibir berbeda dengan tato, kalo tato lama kelamaan akan berubah warna namun masih jelas terlihat gambarnya kalau sulam itu semacam cat rambut ... jadi kalo udah lama ya dia memudar dan akhirnya bisa hilang bukan berubah warna.

    Anonymous
    April 28, 2013 at 11:39 PM

    menato wajah, diharamkan oleh hukum islam.
    mencukur alis, diharamkan oleh hukum islam.
    mewarnai rambut dengan warna hitam dengan niat untuk menyenangkan suami/istrinya, itu dibolehkan oleh hukum islam.
    mewarnai rambut dengan warna hitam dengan niat bukan untuk menyenangkan suami/istrinya, itu diharamkan oleh hukum islam.
    mewarnai rambut selain dengan warna hitam, itu dibolehkan bahkan ada yang dianjurkan oleh hukum islam.
    CMIIW yaa.. :)

    May 12, 2013 at 10:46 PM

    Thread yang sangat bermanfaat

    terimakasih ^_^

    May 29, 2014 at 2:25 PM

    Trs gimana kalo orang yang terlahir tanpa alis? Alis gundul.. hanya ada sedikit sekali bulu alis.. tak terlihat.. tentu dia juga ingin punya alis normal kyk manusia2 lain..

    June 6, 2014 at 6:08 PM

    @culizKalau menurut saya lebih baik mensyukurinya :)

    Post a Comment

    Cara berkomentar :
    1. Isikan komentar di kotak komentar yang disediakan
    2. Jangan mengisi dengan kata-kata yang tidak sopan
    3. Komentar tidak berisi spam, sara, dll.
    4. Gunakan link aktif hanya jika diperlukan saja